Friday, January 13, 2012

Recycle: Pohon Natal dari Gelas Plastik Bekas

hai,, hai,,
posting pertama di taun yang baru,, ahahaha,, expired banget ya kayaknya,, ini yang mau diomongin juga jadul banget, uda setaun yang lalu [desember 2011 terhitung setaun yang lalu hehe,,]
jadi ceritanya, pas bulan desember kemarin, sekolah saya mengikuti lomba di sebuah mall di kota Malang,, lombanya adalah membuat pohon Natal dari barang bekas,,

[kita flasback dulu] sekitar semester ganjil 2010/2011, saya perna menugasi siswa saya untuk membuat barang hias dari gelas atau botol plastik bekas secara berkelompok,, kemudian dua siswa saya membuat pohon Natal dari gelas bekas kemasan air mineral,, warna hijaunya didapatkan dengan cat semprot,,

  idenya dari sini,,

Dari pengalaman ini, saya memutuskan untuk membuat pohon Natal yang sama, terbuat dari gelas plastik bekas,, hanya kali ini saya tidak ingin menggunakan cat semprot sebagai pewarnanya,, karena sepengetahuan saya, aerosol dari cat semprot termasuk perusak ozon,, akhirnya saya menggunakan gelas yang memang sudah berwarna hijau,,
Gelas disusun dan direkatkan menggunakan lem tembak,, untuk hiasannya kami menggunakan:
1. clay --> bintang dan malaikat
2. tali rafia+kertas emas --> rumbai-rumbai
3. kotak kemasan --> kado
4. bunga pinus
5. foam --> salju
6. barang-barang lain yang ada di kelas seni
jadi kalo dihitung berapa biaya kami keluarkan untuk membuat pohon Natal ini mungkin sekitar 10ribu saja, untuk isi lem dan kertas emas,, hehehe,,

 ukurannya hanya sekitar 1 meter,,

 kepala sinterklas itu terbuat dari kulit telur lho hehe,,

 warna hijau pohonnya terlihat pucat ternyata,,

 ini bagian bawah+penyangganya,,

 
kartu ucapannya dibuat oleh siswa saya yang jago gambar, lihat, logo sponsor begitu mirip aslinya,, b^^


saya suka bagian kado-kadonya,, seperti benar-benar bersalju,,

Alhamdulillah, pohon ini mendapat juara II,, v^^

 ini mereka yang membuat [minus si jago gambar]

happy recycling,, ^^

2 comments:

  1. itu cara nyusun gelas" nya pake apaan ya? pake kawat atau di lem? kok gelas satu bisa numpu segitu banyak? hehe.. soalnya saya mau buat untuk tugas sekolah
    thx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, maaf ya baru membalas,,
      ini gelasnya dilem satu persatu pake lem tembak atau lem lilin,, selamat mencoba :)

      Delete

setelah baca, jangan lupa kritik dan saran ya,, senang membaca komentarmu :)