Monday, June 13, 2011

Lomba Melukis Keramik MTD VI 2011

Tanggal 22 Mei 2011 kemarin, saya mengantarkan, dan menemani tepatnya, ke-delapan murid saya yang mengikuti lomba melukis keramik. Lokasinya di sekitar patung pahlawan trip. Lomba ini diadakan oleh INDOMARET kerjasama dengan panitia MTD dalam rangka memeriahkan acara Malang Tempo Doeloe VI.

Kali ini medianya adalah piring keramik mentah yang terbuat dari tanah liat putih. Karena saya belum pernah mewarnai keramik mentah [hanya sampai tahap membuat], saya harus mencari informasi dulu, cat apa yang bagus untuk digunakan. Setelah bertanya pada teman-teman yang pengalamannya sudah setengah segunung bromo [saya baru sampai Batu hehehe,,,], akhirnya direkomendasikanlah menggunakan cat poster, mudah digunakan bagi anak-anak seusia SMP.

Tapi karena saya tergila-gila pada cat akrilik [yang menurut saya cat peka jaman], maka saya menyarankan murid-murid saya untuk memilih salah satu dari opsi cat poster, cat air, atau cat akrilik. Setelah dicoba pada keramik mentah tanah liat biasa, cat poster lebih cepat mengering. Kalau tidak pandai-pandai mengatur kelembaban kuas, akan sulit menghasilkan efek gradasi yang menyatu. Kesannya jadi seperti ada batas. Sedang cat air warnanya jadi kurang 'wah'. Sebagai guru, [yang masih belajar] saya membebaskan murid saya untuk menggunakan media yang bagi dia mudah dan nyaman.

Begitu juga dengan sketsa gambarnya. Karena panitia membebaskan tema lukisan, maka saya pun membebaskan tema mereka, asalkan tetap bernuansa kebudayaan.

Begini situasinya saat lomba. Bisa serius rupanya mereka hehehe,,,



Dengan finishing di-clear, inilah hasilnya. Saya kurang membimbing langkah per langkah sepertinya. Karena anak yang bagus di sketsa ternyata kurang pandai bermain cat. Ada juga yang bagus saat melukis kertas tapi jadi bingung ketika berhadapan dengan keramik. Hmm,, lain kali harus lebih serius ini saat latihan.

1. cat akrilik


2. cat poster


3. cat akrilik


4. cat akrilik


5. cat akrilik


6. cat akrilik


7. cat akrilik


8. cat poster


Ini lomba kedua yang saya bina. Dan Alhamdulillah ada 2 karya yang masuk 10 karya unggulan. Karya nomer 1 dan 2. Walaupun istilahnya hadiah hiburan, tapi cukup menghiburlah hehehe,, Semoga lain waktu bisa lebih sukses.


Selamat berlomba!!!

No comments:

Post a Comment

setelah baca, jangan lupa kritik dan saran ya,, senang membaca komentarmu :)