Wednesday, November 27, 2013

Kelas Inspirasi Malang part2

cerita sebelumnya ada di sini,,

hari inspirasi telah tibaaaa,,
hari itu Senin, 11 November 2013, para relawan siap untuk berbagi bersama anak-anak SDN 1 Selorejo,,
sebenarnya kami terdiri dari  5 pengajar dan 3 video/fotografer,, tapi yang bisa hadir hanya 3 pengajar dan 2 video/fotografer,, terdiri dari mas M. Noor Amrullah [pengusaha catering], pak Muhammad Fathoni [PNS Pajak], saya, mas Abdul Rozaq Syamsudin [mahasiswa UB] dan mas Virgo Fuadillah Manggala P [mahasiswa UB], serta mbak Fia sebagai fasilitator,,
tepat pukul 07.30 kami masuk kelas,, karena hanya ada 3 pengajar, maka kelas yang kami masuki pun hanya kelas 4, 5, dan 6,,

deg-degan? jelas lah,, 5 menit pertama beberapa kali saya terdiam untuk atur nafas hihihi,, tapi kemudian semuanya mengalir gitu aja,, di menit awal, langsung saya memperkenalkan nama, asal, dan profesi saya,, kemudian mengajak anak-anak untuk bermain lempar kotak profesi,, dari situ saya bisa mengetahui cita-cita mereka,, saya cukup takjub, karena ternyata mereka punya cita-cita yang beragam, seperti atlet, koki, TNI AU, nahkoda, dosen, guru bahasa Indonesia, pilot, dokter, dan banyak lagi profesi yang lain,,
setelah saya menjelaskan profesi crafter, saya langsung mengajak mereka berkarya, bagian ini adalah bagian yang saya dan anak-anak senangi,, mereka begitu antusias, ingin membuat yang terbaik, berkali-kali bertanya, dan saya harus menghampiri mereka, sampai mereka yakin langkah yang mereka lakukan itu benar hihihi,,
ada yg menarik di kelas 6, ketika saya menjelaskan bahwa kami akan membuat boneka jeruk untuk suvenir wisata petik jeruk, seorang siswi berkata pada temannya, "oiya, ya, kan durung onok, nggawe yok [oiya ya, kan belum ada, bikin yok]" hohoho,, itu maksud saya,,
setelah origami jeruk selesai, saya memberi kebebasan anak-anak untuk menambahkan aksesoris lain sehingga jadi karakter jeruk yang mereka inginkan,, dari sini suasana kelas langsung heboh ahahaha,, tapi menyenangkan,,
di akhir kegiatan, saya meminta beberapa anak untuk maju dan menunjukkan karyanya,, kemudian saya tutup kelas dengan menjelaskan bahwa ada 2 hal yang harus diingat ketika berkarya,, tidak mengakui karya orang lain serta tidak menjiplak karya orang lain,,
dari sekian banyak anak-anak cerdas, ada satu anak unik yang menarik hati saya,, di kelas 5 ketika permainan lempar kotak profesi, ada seorang anak yang menyebutkan cita-citanya ingin menjadi dalang,, woww,, lalu saya tanya apakah sekarang sudah bisa mendalang, dia jawab bisa, beberapa kali dia sudah pernah mendalang woww,, saat membuat karakter jeruk pun, karya dia yang paling beda dengan temannya yang lain, ketika sebagian besar anak menirukan gambar contoh saya, hanya dia yg dengan polosnya bertanya, "saya boleh menggambar badut, bu?", dan jadilah 'tomcat' ini [begitu dia memberi nama]
kenalkan, nama saya Amin, kelas 5 SD,
cita-cita saya menjadi seorang dalang,
untuk kenangan, tidak lupa saya berfoto bersama mereka,, senang yaaaa ^_^
siswa kelas 4
siswa kelas 5
sebagai penutupan, kami, para siswa, dan para guru berkumpul di lapangan,, para siswa menempelkan kertas yang sudah ditulisi cita-cita mereka ke balon yang sudah disiapkan,, saking senangnya, mereka melepaskan balon cepat-cepat, padahal belum waktunya hihihi,, akhirnya balon tidak terbang bersama-sama, tapi semua bahagia,, ^_^
para relawan,,
[dari ki-ka] mas Aam, mbak Fia [fasilitator], mbak Igo, saya, pak Fathoni, mas Udin
senang,, senang,, senang,, terimakasih #KlsInspirasiMLG yang sudah memberikan saya kesempatan,, trimakasih teman-teman satu kelompok,, trimakasih SDN 1 Selorejo,, semoga bisa bergabung lagi tahun depan,, apalagi tahun depan rencananya akan diadakan serentak secara nasional,, kalo kalian main twitter, jangan lupa cek #KelasInspirasiINDONESIA, kunjungi juga webnya http://kelasinspirasi.org/

salam inspirasi,,, \[^_^]/

note: beberapa foto milik mas Udin, bisa diliat di sini

2 comments:

  1. kyaaaaa senengnyaaaa :D
    jadi pengen cepet2 lulus biar bisa ikutan jadi pengajarnya KI >,< ehehehe

    ReplyDelete

setelah baca, jangan lupa kritik dan saran ya,, senang membaca komentarmu :)