Monday, May 16, 2011

Fenomena Pelangi Ganda di Malang

16 Mei 2011

Baiklah,, cerita ini dimulai dari suatu sore yang biasa sekitar pukul 5,,
Awalnya saya hanya berniat melihat-lihat pemandangan sore hari dari balkon lantai 2 rumah orang tua saya,, sesuatu yang jarang saya lakukan yang selalu pulang sore hari,,
Matahari hampir tenggelam waktu itu,,
Hingga gerimis turun,, saya masih berdiri menikmati langit,,

Tiba-tiba saya melihat pelangi di sebelah tenggara,, namun hanya setengah dan sempat memotretnya,,

awal terlihatnya pelangi

Karena memang suka melihat pelangi, saya terus menatapnya hingga tersadar bahwa di dekat pelangi itu ada sebuah lengkungan lagi yang berwarna kemerahan,,
Karena ragu dengan penglihatan sendiri, saya memanggil adik saya untuk ikut melihat,,
rupanya lengkungan itu memang nyata,,,
Tidak lama, lengkungan itu semakin jelas dan membentuk warna mirip pelangi, mejikuhibiniu,,
Voila,, sore itu pelangi ada dua,,
Merasa takjub, saya pun memotretnya,, sayang kamera yang saya gunakan hanya kamera poket biasa,,
Fenomena pelangi kembar ini berlangsung kurang lebih 3 menit,, Setelah matahari benar-benar tidak tampak, pelangi kembar inipun ikut menghilang,,

si pelangi punya kembaran

Rupanya fenomena ini adalah fenomena langka,,
Dari beberapa blog yang saya baca, fenomena ini pernah terlihat di Inggris, Denali, dan Batam.
Berikut penjelasannya mengapa sampai terjadi dua pelangi dalam waktu yang bersamaan yang saya kutip dari sebuah blog,,

"Fenomena dua pelangi ini memang peristiwa langka. Kadang-kadang kedua atau ‘pelangi sekunder’ yang redup dapat dilihat di luar pelangi utama. Pelangi sekunder disebabkan oleh refleksi ganda dari sinar matahari di dalam air hujan, dan muncul pada sudut 50-53 derajat. Jika Anda melihat dekat Anda dapat melihat warna pelangi sekunder yang terbalik, dengan biru di luar dan merah di dalam. Pelangi sekunder lebih lemah dari pelangi yang utama karena mendapat cahaya yang lebih sedikit.
Meskipun terbilang langka, fenomena pelangi kembar juga tercatat terjadi di Denali, Alaska. Pernah terjadi juga di Batam dan Burau".

warna pelangi sekunder lebih lemah


warna pelangi sekunder yang terbalik

Jadi setelah ini akan tercatat bahwa langit Pakisaji, Malang adalah tempat yang pernah disinggahi si pelangi ganda,, hahaha,,,
So lucky me bisa menyaksikannya,, ^^v

Foto: koleksi pribadi [sengaja saya gelapkan agar si pelangi lebih terlihat]
Sumber:
http://lunacyme.blogspot.com/2010/10/fenomena-pelangi-kembar.html
http://www.blog-santai.com/2010/11/munculnya-fenomena-pelangi-kembar-di.html

4 comments:

  1. apik plangine :)
    jarang2 onok

    ReplyDelete
  2. waaaah.. pecinta langit??
    seandainya ada fenomena seperti ini di tempatkuuu :3

    ReplyDelete
  3. suka saja melihat benda-benda langit,, hehehe,,
    oya, dini hari nanti katanya akan terjadi gerhana bulan total,, ikut jadi saksi yuk,, hehehe,,,

    ReplyDelete

setelah baca, jangan lupa kritik dan saran ya,, senang membaca komentarmu :)