Wednesday, February 20, 2013

Briefing, bertemu para inspirator hebat [#2: Kelas Inspirasi 2]

hai semua,,
akirnya bisa posting, padahal acaranya suda lewat ini ehehehe,,
habis didera bazaar dan persiapan ngajar, akirnya dirapel deh postingannya,, hehe,, [untuk postingan sebelumnya bisa dibaca di sini]

setelah pengumuman seminggu sebelumnya, tgl 10 Februari, kami para volunteer #KelasInspirasi Yogyakarta, diundang untuk datang briefing di Pendopo Sapto Aji, Ring Road Selatan, Sewon, Bantul,, bersama undangannya yg dikirim lewat e-mail, kami jg diberi modul untuk mengajar,, wow,, jadi merasa kembali ke 8 bulan yg lalu ehehehe,, pengalaman mengajar tidak begitu saja membuat saya tenang, modul di tangan malah bikin degdegan ahahaha,, isi modul kurang lebih tentang konten mengajar kami nanti, seperti:
1. Siapakah aku?
2. Apa profesiku?
3. Apa yang dilakukan profesiku setiap hari saat bekerja?
4. Di mana aku bekerja?
5. Apa peran/manfaat dari profesiku di masyarakat?
6. Bagaimana cara menjadi aku?
poin 5 cukup membuat saya berpikir lama hahaha,, oya, selain itu, kami juga diminta untuk menanamkan beberapa nilai pokok pembelajaran seperti, kejujuran, kerja keras, pantang menyerah dan kemandirian,,

Minggu pagi saya diantar suami menuju pendopo dengan berbekal peta yg diberi panitia hohoho,,, ternyata pendopo ini adalah milik salah satu volunteer,, pendopo yg tampaknya sekaligus galeri seni ini -karena memajang beberapa karya patung dan lukis- cukup menarik perhatian saya,, sambil menunggu briefing dimulai, saya mencoba berkenalan dengan beberapa volunteer,, ada mbak Iyeng yg baru datang dr Jakarta dan akan segera kembali ke Jakarta setelah briefing selesai,, wow,, begitu juga dengan mbak Indira [smoga gak salah nama] yg dr Jakarta,, double wow,, salut sama niatnya,, trus ada mbak Ikmi, dosen muda di perguruan tinggi di Yogya, asal Lamongan, yg ternyata kuliahnya di Malang,, aseek ktemu orang [pernah di] Malang ehehehe,, Trus ada beberapa public figure yg saya tau tapi pasti mereka nggak kenal saya ahahaha,, ada mas2 anggota JHF yg saya nggak tau namanya hohoho,, mbak Sakdiyah yg seorang stand up comedy, trus ada mbak Alissa Wahid [kalo saya nggak salah], katanya juga ada bapak Herry Zudianto, mantan walikota Yogyakarta [tapi saya nggak tau yg mana beliaunya :p] dan pasti masih banyak orang hebat lain yg duduk bersama di pendopo ini dengan satu tujuan, berbagi mimpi pada anak-anak Indonesia,,

Briefing dibuka oleh 2 pengajar muda 'Indonesia Mengajar', mas Wildan dan mbak Fara,, mereka bertanya beberapa profesi para volunteer,, ternyata ada instruktur selam diantara kami,, wow,, oya, ternyata dari 300an pendaftar, diambil 85 pengajar dan 40 videografer-fotografer,, acara kemudian disambung sambutan dari Pak Hikmat Hardono, direktur Indonesia Mengajar,, beliau menceritakan bagaimana asal muasal diadakannya kegiatan #KelasInspirasi ini, bahwa

"mendidik adalah tugas orang-orang terdidik,, 
bangsa ini dibangun dari semangat iuran, iuran harta, iuran tenaga, iuran pikiran, bahkan iuran nyawa, dan iuran ini sifatnya sukarela, volunterism,, maka mari kita kembangkan terus semangat voluterism ini,,"


memberikan semangat pada para volunteer, dan ditutup dengan kalimat, "THINK BIG, START SMALL, ACT NOW",, nancep banget tuh quote :D oya, selain itu jg ada tagline "Bangun mimpi anak negeri", siaaaaap :D

Setelah itu kami berkumpul per kelompok sesuai SD tempat kami akan mengajar nanti,, alhamdulillah saya mendapat tempat di SD 3 Jarakan, Sewon, Bantul,, hmm,, dimana itu,,
alhamdulillah lagi saya bertemu orang-orang hebat seperti Pak Arif Surachman, kepala perpustakaan di sebuah fakultas di UGM, Pak Edhi Martono, dosen Pertanian UGM, mbak Mega Puspasari, pendiri dan ketua Yayasan Hoshizora, mbak Kanina Sista, seorang dokter umum, mas Maman Agosto yg jadi videografer, dan mbak Anggi sebagai fasilitator kami dari Pengajar Muda-Indonesia Mengajar,, sebenarnya setiap kelompok terdiri dari 8 pengajar, 2 fotografer, dan 2 videografer, namun hari itu klompok kami kurang lengkap karna beberapa ada yg dr Jakarta,
stelah berkenalan sebentar, kami membahas tentang kondisi SD yg akan kami datangi, memilih koordinator, rencana survei, dll

Acara ditutup dengan nyanyi kemudian foto bersama,, walo baru kenal rasanya suda kenal banget,, gara-gara ada yg temennya temen, temen sekolah anaknya, kakak kelas waktu sma, dll,, wah, ternyata briefing #KelasInspirasi merangkap ajang reuni ehehehe,,
foto saat briefing, yg berdiri itu Pak Hikmat, Direktur Indonesia  Mengajar,,
psst,, di foto ini saya kliatan lho, tuh yg pake baju biru di sebelah kiri ehehehe,,
foto milik @tommydepok
foto diambil dari http://jogjacreative.wordpress.com/tag/kelas-inspirasi/

modul, name tag, dan bros dari #KelasInspirasi
Hari itu saya pulang dengan berbagai ide yg bermunculan, khayalan-khayalan yg sulit diredam,, benar-benar tidak sabar untuk segera mengajar sekaligus degdegan hahaha,,

note: foto lain menyusul, karna nggak kepikiran ambil foto selama kegiatan berlangsung

bersambung ke sini

No comments:

Post a Comment

setelah baca, jangan lupa kritik dan saran ya,, senang membaca komentarmu :)