Thursday, February 21, 2013

Hari Inspirasi telah tiba part 2 [#4: Kelas Inspirasi 2]

cerita sebelumnya di sini

jam ke 3 kosong
jam ke 4 kelas 6,
ini kelas paling banyak siswanya, tapi sangat anteng,,
ditanya cita-cita masi anteng, tapi di saat semua teman-temannya terdiam, seorang siswi dengan mantap bilang ingin jadi desainer, desainer baju katanya,, wow,, hebat, nak,, semoga terwujud,,
setelah didatangi satu persatu, akhirnya baru dijawab, "jadi dokter, model, dll",, di kelas ini siswinya lebih akrif ketimbang siswanya,
kemudian saya bercerita tentang sejarah cita-cita saya, dilanjutkan dengan cara kerja saya,, saya juga menyelipkan konsep 3R dan kejujuran saat menjual karya, bahwa tidak boleh mengakui atau menggunakan karya orang lain sebagai karya sendiri kmudian dijual,, mereka cukup antusias mendengarkan sambil sesekali tertawa saat saya melucu,,
dan waktu yg ditunggu pun tiba, yaitu berkarya,, di kelas 6 ini saya mudah memberikan instruksi dan mudah dipahami pula,, sehingga mereka menikmati tiap tahapannya seperti yg saya katakan, seperti memilih bahan dan warna yg tepat supaya hasilnya tampak serasi,, mendesain bagaimana sebaiknya bentuknya,, dan saat sudah yakin mulai ditempelkan,, aaaah,, benar-benar kelelahan saat persiapan dibayar dengan wajah-wajah
antusias dan kepuasan,,
di kelas 6 ini, hasil prakaryanya lebih beragam dan kreatif,, nggak plek ketiplek seperti contoh yg saya berikan,, langkah selanjutnya mereka akan mempromosikan karyanya,, mereka akan menjelaskan karyanya jadi produk apa dan berapa harganya,,
tidak disangka jawabannya beragam ada yg jadi gantungan kunci dijual dengan harga 10 ribu bisa untuk anak-anak,, boneka dijual dengan harga 20 ribu bisa dibeli oleh teman-teman sekolah,, bantal dijual dengan harga 15 ribu bisa dibeli oleh kakak-kakak,,
dan lagi-lagi 60 menit tidak terasa ketka saya sampai diingatkan mbak Anggi bahwa waktu telah habis,,
segera anak-anak saya minta menuliskan di kertas post-it cita-cita mereka yang dari awal saya minta untuk dibayangkan,, kertas-kertas ini nantinya ditempelkan di balon warna-warni yang akan diterbangkan,,

untuk penutupan, anak-anak, para guru, dan para volunteer berkumpul di lapangan,, setelah sambutan sebentar, anak-anak mulai menempelkan kertas cita-citanya,, saya sudah siap selotip kalau-kalau ada yg kertasnya tidak lengket lagi,, benar saja,, saya langsung diburu dan dikerubuti anak-anak,, begitu ngototnya mereka ingin diberi selotip karena kuatir ditinggal balonnya terbang,,
akhirnya terbanglah cita-cita dan harapan mereka setinggi langit,, tepuk tangan dan tawa langsung bergemuruh,, tapi oups,,
ternyata ada balon yang tidak bisa terbang, beberapa wajah kecewa mulai tampak,, akhirnya Bu Mona mengatakan bahwa beliau nanti akan kembali ke Jakarta naik pesawat, kalau mau kertas-kertas itu bisa dibawa Bu Mona, brarti kertas-kertas mereka bisa ikut terbang,, langsung saja mereka kembali tersenyum,, yeiiiiy :D
saat menikmati balon-balon itu beterbangan, seorang siswi berbando biru mencolek saya, "bu, besok ke sini lagi lho ya, ngajar di sini lagi,, janji lho, bu,," aaaaah,, sini, nak,, peluk ibu,,
acara diakhiri dengan siswa bersalaman kepada semua guru dan volunteer,, kalimat "terima kasih, semoga sukses, rajin belajar, semoga nilai UN bagus, semoga lulus, tiada henti-hentinya terdengar,,", kemudian kami berfoto bersama,,
sebelum pulang, para guru dan volunteer berkumpul di ruang guru, untuk makan siang,, hebat, sudah 'mengganggu', dijamu lagi ehehehe,, kemudian kami saling bertukar pesan dan kesan selama sehari ini,,
akhirnya kami pun berpamitan,,

foto bersama di lapangan, foto milik @mamanAgosto
trima kasih anak-anak,, justru kalian yg mengispirasi ibu, memberikan hal baru, menorehkan kenangan,, ibu tidak akan lupa kalian,, semoga cita-cita kalian tercapai,,
trima kasih bapak/ibu guru,, kalian hebat, penuh semangat,, terus mengajar demi anak-anak,, semoga perjuangan bapak/ibu berbuah manis,,
trima kasih teman-teman volunteer,, saya merasa belum ada apa-apanya dari pada teman-teman,, ternyata puncak saya masih jauh,,
trima kasih Kelas Inspirasi Jogja atas kesempatan yang diberikan,, saya jadi mengenal orang-orang hebat,, memberikan satu hari saya untuk tahun-tahun berikutnya,, memberikan hal kecil untuk anak-anak yang akan menjadi 'besar',,
sampai ketemu tanggal 23 Februari :)

Think big, start small, act now,,

note: foto-foto akan bertambah bilan sudah ada asupan dari para fotografer :)

4 comments:

  1. terharu mb...postingan yg bagus dan menginspirasi ;)

    ReplyDelete
  2. Memang gak akan habis jika menceritakan ulang keseruan, kehebohan, keceriaan dan banyak hal lainnya yang hadir di tengah2 nuansa kelas inspirasi. Energi yang dibangun antara anak2 dan para volunteer yang menjadi inspirator mau tak mau memang menjadikan kita untuk saling berbagi inspirasi...karena tak dapat dipungkiri, saya yang Alahmdulillah juga sudah ikutan KI Padang tanggal 21 Agustus 2013 lalu, memang banyak terinspirasi dari anak2 di sana yang begitu polos, namun mempunyai impian yang besar juga, tak kalah dengan anak2 lainnya yang ada di kota.

    Semoga kita semua bisa membantu untuk terus menyalakan lilin2nya...salam kenal dan terima kasih untuk tulisan inspiratifnya...

    ReplyDelete

setelah baca, jangan lupa kritik dan saran ya,, senang membaca komentarmu :)