Thursday, February 21, 2013

Persiapan, hectic tapi menyenangkan [#3: Kelas Inspirasi 2]

ok, jadi ini adalah postingan lanjutan dari postingan sebelumnya,,

setelah beberapa kali koordinasi lewat milis, saya mendapat jadwal mengajar di kelas 1 dan 3,, ok, saya langsung mendata kira-kira mo bikin karya apa di kelas nanti, tapi masi bingung karna saya kurang tau karakter anak kelas 1, kegiatan seperti apa yg cocok untuk mereka, jangan sampai nanti malah menyulitkan,, akhirnya pertanyaan ini saya simpan dan akan saya tanyakan langsung pada guru kelas saat survei nanti,,

Kamis, 14 Februari, saya dan 3 teman yg lain sepakat untuk survei ke SD 3 Jarakan,, ternyata letaknya di belakang pasar Niten, Sewon, Bantul,, wah,, tambah lagi tempat baru yg saya kunjungi di Jogja,, hehehe,,
berkenalan dengan Kepala Sekolah, Ibu Darmilah, beberapa guru kemudian berkeliling melihat ruangan-ruangan,, yang membuat saya terkesan dan salut adalah cara pandang Ibu Kepsek,, beliau tidak ragu-ragu ketika menyetujui sekolah beliau untuk dikunjungi #KelasInspirasi,, beliau justru mendukung kegiatan semacam ini,, karna menurut beliau ini adalah kesempatan para siswa mendapat pengetahuan yang mungkin tidak mereka dapatkan dari sekolah maupun orang tua,, yang lebih hebat lagi, di tanggal 20 Februari nanti seharusnya sekolah mengirimkan beberapa siswa untuk mengikuti pembukaan PORSENI di kabupaten, namun karena beliau sudah menjadwalkan ikut #KelasInspirasi dan besarnya manfaat yang bisa didapatkan para siswa, Ibu Kepsek minta ijin untuk datang sendiri bersama guru OR dan seorang perwakilan siswa berprestasi saja,, sungguh luar biasa,, begitu pentingnya acara #KelasInspirasi ini bagi Ibu Kepsek,, beliau tidak ingin seorang pun dari siswanya tidak mengikuti kegiatan ini,,

foto saat survei,, foto milik @kaninas
Minggu, 17 Februari, kami berkumpul lagi untuk koordinasi, kali ini tempatnya di Fakultas Pertanian, UGM,, yess, tempat baru lagi ohohohoho,, keputusan akhir, saya mengajar 3 kelas, yaitu kelas 1, 3, dan 6,, wah, ketiga kelas ini jelas karakter anaknya berbeda-beda,, sangat anak-anak, tengah-tengah, dan mulai remaja,, namun karena keterbatasan tenaga, saya memutuskan untuk praktek karya yg sama, hanya isi dan cara penyampaian yang berbeda,,

Selasa, 19 Februari, kami berkumpul lagi untuk koordinasi terakhir, tapi saya tidak bisa ikut karena hujan & tidak ada yg mengantar ehehehe,,

sampai selasa malam, saya masih berkutat dengan bahan praktek, tapi alhamdulillah, sambil dibantu suami, seluruh bahan selesai pas jam 11,, akhirnya saya tidur, pasang alarm 4 kali dan pesan pada adik yang nun jauh di Malang untuk menelpon saya saat dia bangun,, saking kuatirnya terlambat bangun karna tidur kemalaman hahaha,,


ini  bahan praktek untuk anak-anak nanti, memanfaatkan  perca kain batik,,

ini bintang emas, diberikan pada anak-anak yg dengan berani unjuk gigi di depan kelas

jadi sebenarnya apa yg ingin saya bagi pada anak-anak?
lengkapnya sih saya ingin bercerita singkat tentang sejarah cita-cita saya sejak TK, yang akhirnya membawa saya pada profesi sekarang,, bahwa tidak masalah punya cita-cita banyak & berganti-ganti,, karena itu justru  membuka wawasan kita kemanakah sebenarnya minat kita,,
kemudian saya akan bercerita tentang pekerjaan saya, apa saja yg biasanya saya lakukan, untuk kelas 6 saya ingin mengenalkan tentang konsep reduce, reuse, recycle,, dan kejujuran saat menjual karya,,
kegiatan akan saya akhiri dengan praktek membuat karya sederhana,, untuk kelas 6, praktek berkarya ini saya lanjutkan dengan mereka berakting sebagai crafter, sampai tahap menjual,, ohohoho,,
gimana ya jadinya nanti,,

penasaran?

bersambung ke sini

1 comment:

setelah baca, jangan lupa kritik dan saran ya,, senang membaca komentarmu :)